Skip to content

Tidak Menerima Pemberitahuan

Bikin Aplikasi Online Shop memiliki fitur push notification baik untuk aplikasi admin / penjual atau aplikasi member / pembeli. Namun terkadang ada yang tidak menerima notifikasi. Penyebabnya adalah pengaturan di perangkat yang digunakan. Pengaturan untuk aplikasi mungkin tidak diizinkan mengirimkan notifikasi. Selain itu beberapa perangkat memerlukan pengaturan tersendiri agar dapat menerima pemberitahuan meskipun aplikasi tidak sedang dibuka. Hal ini terjadi karena perangkat menonaktifkan aplikasi sehingga tidak bisa berjalan di latar belakang. Agar pemberitahuan dapat diterima dengan baik dapat diatur dengan cara berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan atau Setelan.
  2. Masuk ke Aplikasi terinstal.
  3. Pilih aplikasi yang digunakan.
  4. Aktifkan Mulai otomatis.
  5. Masuk ke Notifikasi, aktifkan notifikasi.
  6. Kembali ke menu sebelumnya, pilih Penghemat baterai.
  7. Pilih Tidak ada pembatasan.

Nama dan letak menu di tiap perangkat mungkin bisa berbeda. Intinya sama yaitu mengizinkan aplikasi untuk menampilkan notifikasi, berjalan di latar belakang, dan mulai otomatis. Untuk memudahkan bisa menggunakan fitur pencarian di Pengaturan atau Setelan.

  • Kenapa perangkat menonaktifkan aplikasi? Perangkat menonaktifkan aplikasi agar tidak dapat berjalan di latar belakang sehingga lebih menghemat baterai dan memori.
  • Kenapa aplikasi seperti facebook, instagram, dan whatsapp tidak perlu diatur? Aplikasi populer dan unggulan sudah otomatis masuk ke whitelist sehingga dari pihak penyedia perangkat tidak menonaktifkan aplikasi tersebut.

Comments are closed.