Skip to content

Cara Menambahkan Alamat Asal Pengiriman di Bikin Aplikasi Online Shop

Bikin Aplikasi Online Shop menyediakan fasilitas untuk menambahkan beberapa alamat asal pengiriman sekaligus, sehingga jika kita memiliki beberapa lokasi asal pengiriman misalkan dari gudang Jakarta dan gudang Surabaya bisa menghitung biaya pengiriman yang berbeda dalam pemesanan. Berikut cara mengatur alamat asal pengiriman di Bikin Aplikasi Online Shop:

  1. Masuk ke Bikin Aplikasi Online Shop.
  2. Buka menu dengan cara usap dari ujung layar kiri ke kanan atau tap tombol menu di pojok kiri atas.
  3. Masuk ke menu Pengiriman.
  4. Masuk ke menu Pengaturan Alamat Pengiriman.
  5. Pada daftar alamat pengiriman akan muncul setidaknya satu alamat yaitu Alamat Utama. Untuk menambahkan alamat pilih tombol + (tambah) di pojok kanan bawah.
  6. Isikan Nama Pengiriman, misalkan Gudang Jakarta atau Dari Toko Kartini. Nama ini akan muncul ketika pembeli memesan.
  7. Pada Asal Pengiriman pilih Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Kecamatan lokasi pengiriman tersebut.
  8. Pada Jasa Pengiriman aktifkan ekspedisi yang ingin digunakan, misalkan JNE dan J&T.
  9. Pada Pilihan Pengiriman aktifkan Ekonomis jika ingin jenis pengiriman JNE OKE dan Tiki ECO terdapat pada pilihan pengiriman saat pemesanan. Aktifkan Ekspres jika ingin jenis pengiriman JNE YES dan Tiki ONS terdapat pada pilihan pengiriman saat pemesanan. Untuk REGULER akan selalu aktif, tidak bisa dinonaktifkan. Pilihan Ekspres dan Ekonomis hanya berlaku pada JNE dan Tiki, tidak berlaku untuk ekspedisi lain.
  10. Pada COD aktifkan jika menyediakan layanan COD. COD di sini adalah untuk pengiriman dalam kota. COD hanya muncul jika pembeli memilih Kota/Kabupaten yang sama pada asal pengiriman (poin 7). COD bukan untuk seluruh Indonesia dengan kurir ekspedisi, COD untuk mengirim barang langsung ke pembeli.
  11. Isikan Biaya COD jika menggunakan COD. Biaya COD flat untuk semua kecamatan. Tidak berlaku untuk per kilogram.
  12. Pada bagian Delivery digunakan jika ingin menggunakan layanan antar sendiri. Jika delivery diaktifkan maka pembeli bisa menentukan titik lokasi tujuan pengiriman di peta.
  13. Jika menggunakan Delivery, pilih Lokasi Pengiriman kemudian geser titik lokasi ke lokasi asal pengirimannya. Kemudian tap Pilih Lokasi Ini.
  14. Jika menggunakan Delivery, isikan Jarak Maksimal (dalam kilometer). Jarak Maksimal adalah maksimal jangkauan layanan delivery, misalkan 20 (kilometer). Jika jarak lokasi pembeli lebih dari Jarak Maksimal maka tidak dapat melakukan pemesanan karena terlalu jauh.
  15. Jika menggunakan Delivery, isikan Biaya Delivery (per kilometer). Biaya delivery dihitung per kilometer. Misalkan biaya delivery 2.000 dan jarak lokasi pembeli adalah 10km maka biayanya adalah 20.000.
  16. Jika menggunakan Delivery, isikan Biaya Delivery Minimal. Biaya Delivery Minimal adalah biaya minimal yang harus dibayarkan pembeli saat menggunakan delivery. Misalkan biaya delivery 2.000, biaya delivery minimal 10.000, dan jarak lokasi pembeli pembeli adalah 3km maka yang dibayarkan adalah 10.000 bukan 6.000 karena minimalnya diatur 10.000.
  17. Pada Biaya Pengiriman Ketentuan Admin digunakan jika mempunyai aturan biaya pengiriman sendiri. Biaya adalah per kilogram dan akan dibulatkan ke atas berat produknya. Biaya Ketentuan Admin akan muncul jika semua Jasa Pengiriman dinonaktifkan (poin 8).
  18. Setelah selesai pilih Simpan.

Comments are closed.