Skip to content

Cara Memperbarui Aplikasi di Google Play Store

Jika ada versi baru dari Bikin Aplikasi Online Shop maka pengguna wajib memperbarui aplikasi dan melakukan edit aplikasi agar aplikasi untuk pembeli juga diperbarui. Jika aplikasi sudah ada di Google Play Store maka setelah melakukan edit aplikasi harus memperbarui juga aplikasi yang ada di Google Play Store. Berikut cara untuk memperbarui aplikasi di Google Play Store.

  1. Pastikan sudah melakukan edit aplikasi secara lengkap.
  2. Download file apk dari Link Download yang disediakan.
  3. Buka https://play.google.com/apps/publish
  4. Login dengan akun Google yang terdaftar di Google Play Console jika belum login.
  5. Pilih aplikasi yang ingin diperbarui.
  6. Masuk ke Pengelolaan rilis.
  7. Pilih Rilis aplikasi.
  8. Pada bagian Track Produksi pilih KELOLA.
  9. Pilih BUAT RILIS
  10. Pada bagian APK dan Paket Aplikasi Android yang akan ditambahkan pilih JELAJAHI FILE.
  11. Pilih file apk yang baru saja di-download.
  12. Pada bagian Apa yang baru dalam rilis ini? masukkan informasi pembaruan apa yang ada di versi ini. Tuliskan di antara tanda <id> dan </id>
  13. Pilih Simpan.
  14. Pilih Tinjau.
  15. Jika muncul peringatan APK tidak dioptimalkan abaikan saja.
  16. Jika muncul isian persentase isikan 100%.
  17. Pilih Mulai Peluncuran ke Produksi.

Aplikasi yang baru saja diluncurkan memerlukan waktu beberapa jam hingga tersedia di Google Play Store.

Hal yang perlu diperhatikan

  • Aplikasi diterima, ditolak, atau dihapus adalah ketentuan dari pihak Google.
  • Lama durasi proses peluncuran adalah ketentuan dari pihak Google.
  • Jika muncul error Anda perlu menggunakan kode versi yang berbeda maka pastikan file yang diupload adalah file baru yang telah diedit menggunakan Bikin Aplikasi Online Shop versi lebih baru dari yang digunakan sebelumnya. Jika saat ini sudah menggunakan Bikin Aplikasi Online Shop versi terbaru dan sudah melakukan edit aplikasi maka silakan menunggu pembaruan dari Bikin Aplikasi terlebih dahulu. Setiap versi dari Bikin Aplikasi Online Shop hanya bisa melakukan satu kali upload ke Google Play Store, untuk dapat upload kembali harus menunggu versi baru dari Bikin Aplikasi Online Shop.
  • Jika muncul error APK atau Android App Bundle harus memiliki nama paket pastikan tidak melakukan perubahan Nama Paket saat melakukan edit aplikasi. Silakan ubah sesuai dengan ID toko atau sesuai nama paket yang digunakan sebelumnya.
  • Jika muncul error Anda harus menggunakan nama paket yang berbeda maka artinya sudah ada aplikasi dengan nama paket tersebut di Google Play Store. Biasanya karena sudah pernah diupload sebelumnya di akun yang berbeda atau di aplikasi yang berbeda. Silakan cek apakah file apk diupload di aplikasi yang benar di akun Google Play Console. Jika aplikasi pernah diupload di akun lainnya sebelumnya maka harus mengganti nama paket saat Edit Aplikasi.
  • Jika muncul error APK atau Android App Bundle Anda harus memiliki nama paket com.bikinaplikasi.xxxx maka silakan lakukan edit aplikasi dan isikan nama paket sesuai yang tertulis tersebut. Pastikan melakukan edit aplikasi dengan Bikin Aplikasi Online Shop versi terbaru.
  • Jika muncul peringatan APK tidak dioptimalkan abaikan saja, tidak berpengaruh pada peluncuran produksi.

Cara upload aplikasi ke Google Play Store dapat dilihat di sini.

Comments are closed.